CSR

25 Aug 2017 | Admin

Kebun Organik Gunung Geulis

Perseroan selalu berfokus pada kegiatan Tanggung Jawab Sosial (CSR) dengan dampak positif serta jangka panjang. Sejak tahun 2009, Perseroan telah berhasul merevitalisasi lahan tandus di Kampung Pasir Angin, Desa Cipayung, Kecamatan Mega Mendung, Bogor, Jawa Barat dan memberdayakannya dengan bantuan masyarakat setempat.

Hal pertama yang dilakukan untuk merevitalisasi lahan ini adalah membuat sarana irigasi. Sebagai sumber air, dibangun dua sumur air tanah, tiga buah tangki air yang terdiri dari dua unit tangki air berkapasitas 2.000 liter dan sebuah tangki air berkapasitas 5.000 liter. Agar air dapat didistribusikan secara merata, dibangunlah saluran pipa air dengan 28 titik keran dan sprinkle yang dapat dipindahkan

Budidaya tanaman di Kebun Gunung Geulis sama sekali bebas dari pestisida dan pupuk berbahan kimia sintetis. Pupuk yang dipakai adalah pupuk kandang yang berasal dari kotoran sapi dan kambing, serta pupuk hijau dari tanam-tanaman yang diolah.

Sejauh ini, Kebun Gunung Geulis telah memiliki sejumlah fasilitas penunjang guna membudidayakan produk-produk organic secara berkesinambungan. Kebun Gunung Geulis dilengkapi dengan rumah persemaian berukuran 3x8 meter, rumah proses dengan luasan 6x6 meter, dan juga 2 buah rumah kompos dengan total kapasitas 10 ton. Untuk memenuhi kebutuhan akan pupuk hijau, perkebunan ini memiliki fasilitas mesin pencacah kompos yang mampu menghasilkan 500 kilogram cacahan tanaman setiap jamnya. Untuk kenyamanan pengunjung, tersedia pula vila pertemuan.

Untuk ke depannya, Kebun Gunung Geulis akan terus dikembangkan sehingga lahan organic ini dapat memperoleh nomenklatur dan memiliki nomor registrasi di Kementrian Pertanian. Selain itu, hasil perkebunan ini akan didaftarkan guna memperoleh sertifikasi organic. Kebun Gunung Geulis masih akan membuka pintu bagi pelatihan dan studi banding.


BACK TO GCG